Sunday 20 November 2016

MAN LAMONGAN JUARA 3 TINGKAT NASIONAL Dalam LKDU Chemistry Carnival 2016

MAN LAMONGAN JUARA 3 TINGKAT NASIONAL


Tema  “Bangun Inspirasi, Kembangkan Kreasi, Wujudkan Generasi Berprestasi

Kegiatan CHEMISTRY CARNIVAL diadakan oleh HMK   Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya Malang. CHEMISTRY CARNIVAL  merupakan rangkaian 2 acara yang terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Kreatifitas Daur Ulang. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk SMA dan Sederajat Tingkat Nasional adalah suatu lomba penulisan karya ilmiah untuk pelajar SMA dan Sederajat (kelas X, XI, dan XII) dengan topik yang telah ditentukan. Lomba Kreatifitas Daur Ulang (LKDU) untuk SMA dan Sederajat Tingkat Nasional adalah suatu lomba membuat kreatifitas dengan mendaur ulang barang yang tidak dimanfaatkan lagi (seperti limbah plastik, logam dan kertas) tetapi bisa dikombinasi dengan bahan pendukung lainnya untuk menghasilkan suatu alat yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dan memiliki nilai jual.
Dalam Lomba Kreativitas Daur Ulang mempunyai sub tema sebagai berikut: “Karya Daur Ulang Berbasis IPTEK sebagai Upaya Reduksi Limbah Domestik” yang merupakan suatu konsep mendaur ulang barang yang sudah tidak bermanfaat lagi agar menghasilkan suatu barang atau alat yang memiliki daya guna sangat baik untuk masyarakat luas sebagai langkah mengurangi limbah domestik.
Pendaftaran dibuka mulai 20 Juni–16 September 2016. MAN Lamongan mengirim dua proposal deskripsi produk daur ulang, dan dalam pengumuman 10 finalis dari MAN Lamongan masuk satu proposal yang berjudul “Pemanfaatan Limbah Ikan Dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Sebagai Bahan Pupuk Cair Dengan Teknologi EM-4. Karya ini disusun oleh Ilma Rohcmatus Sholika, Winda Paramita dan Slamet Puji Riyanto, siswa siswi kelas 12 yang memulai berkarya sejak duduk di kelas 10.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk cair hasil olahan limbah ikan terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen, yaitu eksperimen dalam pembuatan pupuk cair dengan memanfaatkan bakteri EM-4, dan pengujian pengaruh pemberian pupuk cair terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pupuk cair dari limbah ikan dengan teknologi bakteri EM4 berpengaruh secara positip terhadap pertumbuhan tanaman cabai.

Oleh: Edi Purwanto


No comments:

Post a Comment