Thursday 28 July 2016

PENA PEMUDA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2016



Pena Pemuda Indonesia UNY datang lagi tahun 2016 ini :)
Kali ini kami mengusung tema "Kontribusi Pemuda untuk Pendidikan dalam Menghadapi Krisis Multidimensional Bangsa Indonesia"
SYARAKETENTUA LKTIN PENA PEMUDA INDONESIA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2016


1.      Tema Karya Tulis
LKTIN Pena Pemuda Indonesia 2016 ini mengambil tema mengenai “Kontribusi Pemuda untuk Mengembangkan Pendidikan dalam Menghadapi Krisis Multidimensi di Indonesia”. Dengan Subtema sebagai berikut:
a.      Teknologi dan Informasi
b.      Kebudayaan dan Kearifan Lokal
c.      Pendidikan Karakter
d.      Inovasi Pendidikan
e.      Kebijakan Pendidikan

2.      Sifat Tulisan
a.       Karya tulis merupakan gagasan yang inovatif, kreatif dan solutif mengenai “Kontribusi Pemuda untuk Mengembangkan Pendidikan dalam Menghadapi Krisis Multidimensi di Indonesia
b.      Karya tulis yang dibuat bersifat orisinal (asli) dan belum pernahdipublikasikan atau diikutsertakan dalam kompetisi apapun.
c.       Karya tulis bersifat objektif, tidak mengandung SARA, dan didukung oleh fakta yang aktual.
d.      Karya tulis dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian.
e.       Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan EYD.
f.       Karya tulis yang diterima oleh panitia menjadi hak milik panitia sepenuhnya.

3.      Ketentuan Peserta
a.       Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah adalah mahasiswa aktif jenjang S1 atau Diploma perguruan tinggi di seluruh Indonesia (dibuktikan denganmenyertakan scan Kartu Tanda Mahasiswa saat pengiriman abstrakdan pengiriman karya).
b.      Peserta bersifat kelompok (Tim) dengan jumlah minimal 2 orang danmaksimal 3 orang serta berasal dari perguruan tinggi yang sama.
c.       Peserta dalam satu tim diperbolehkan berasal dari disiplin ilmu yang berbeda namun masih dalam satu perguruan tinggi.
d.      Setiap mahasiswa diperbolehkan mengirimkan  maksimal 2 karya dalam tim yang berbeda.
e.       Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu karya tulis.
f.       Peserta harus mendapatkan rekomendasi dari pihak perguruan tinggi(Wakil/Pembantu Deka Bidan Kemahasiswaan)  yan dibuktikan dengan lemba pengesahan dalam karyanya. (contoh terlampir)
g.      Membayar biaya akomodasi bagi peserta yang menjadi 15 finaliskarya tulis, sebesar Rp 500.000,00   per-orang   (mencakup  konsumsi   &   penginapan   selama  5 hari kegiatan berlangsung).

4.      Ketentuan Kompetisi
a.       Setiap Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran. (contoh terlampir)
b.      Tahap pendaftaran akan dibuka dimulai dari tanggal 16 Juli 2016hingga 23 Agustus 2016 pukul 23.59 WIB.
c.       Setiap tim harus membuat dan mengirimkan karya tulis sesuai dengantema yang ditentukan.
d.      Karya tulis yang dikirimkan merupakan hasil pemikiran sendiri, bukanhasil jiplakan dan belum pernah menjadi pemenang pada kompetisiserupa.
e.       Setiap karya tulis yang diajukan mendapat bimbingan dari seorangdosen pembimbing dari perguruan tinggyang sama.
f.       Setiap peserta wajib mengirim abstrak, formulir dan scan Kartu Tanda Mahasiswa dalam bentuk softcopy untuk dilakukan seleksi tahap pertama ke alamat email: penapemudaindo@gmail.com dengansubject dan nama file (Nama ketua tim)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul Karya Tulis).
g.      Peserta yang sudah mengirimkan abstrak-nya harus konfirmasi ke panitia melalui sms dengan format Abstrak_(Nama ketua kelompok)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul Abstrak) ke nomor 085786695005 atas nama Diah Rizqi Pangestika.
h.      Pengiriman abstrak tidak dipungut biaya/ GRATIS.
i.        Setiap tim yang dinyatakan lolos seleksi abstrak, wajib melakukan pembayaran uang partisipasi sebesar Rp 100.000,00 via transfer bank atau ATM BRI ke rekening dengan No. Rek. 6942-01-010793-53-8  a.nMery Marlina.
j.        Peserta yang dinyatakan lolos seleksi abstrak melakukan pembayaran uang partisipasi dari tanggal 9 September 2016 sampai tanggal 21September 2016.
k.      Abstrak    yang   lolos   akan   diumumkan   melalui   email   da websithttp://penapemudaindo.blogspot.com/ pada tangga8 September 2016.
l.        Semua peserta yang dinyatakan lolos abstrak akan mendapatkan e-sertifikat semifinalis LKTIN PPI 2016 setelah melakukan pengirimanfull paper.
m.    Setelah melakukan pembayaran, diharapkan ketua kelompokmelakukan konfirmasi via sms  denga format  PPI_Nama  Ketua Tim_Nama  Pergurua Tinggi_Judul  Karya Tulis_Jam Pembayaran.Ke nomor 085786695005 (Diah Rizqi Pangestika).
n.      Karya tulis ditulis sesuai dengan pedoman penulisan karya tulis Pena Pemuda Indonesia.
o.      Karya tulis dikirimkan dalam bentuk softcopy melalui emailpenapemudaindo@gmail.com dengan format LKTIN_(Nama ketua kelompok)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul Karya Tulis). Lalu dengan format yang sama kirim sms ke nomor 085786695005 atas nama Diah Rizqi Pangestika
p.      Karya tulis yang dikirim dalam bentuk softcopy juga menyertakan dokumen-dokumen antara lain :
1)      Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), masing-masing anggota dengan format jpg, atau jpeg.
2)      Scan formulir pendaftaran, format jpg, atau jpeg.
3)      Foto masing-masing anggotanya dalam satu tim dengan ukuran per foto <1 b="" bentuk="" dalam="" dan="" mb="" nbsp="">jpg, atau jpeg
.
4)      Foto/ scan bukti pembayaran uang partisipasi.
q.      Karya Tulis merupakan Karya sendiri/orisinil dari mahasiswa yang bersangkutan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutkan dalam perlombaan sejenis, belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun. (disertai pernyataan tertulis dalam surat pernyataan dan disertai materai Rp 6.000,00 dan dikirimkan dalam bentuk scan format .pdf)
r.        Semua Kecurangan pada perlombaan ini akan berakibat pada pengurangan penilaian dan diskualifikasi.
s.       Dewan juri terdiri dari berbagai kalangan dengan basic sesuai dengan tema LKTIN Kontribusi Pemuda untuk Mengembangkan Pendidikan dalam Menghadapi Krisis Multidimensi di Indonesia.
t.        Juara-juara yang terpilih pada saat grand final merupakan peserta yang memiliki nilai tertinggi hasil kumulatif dari semua aspek penilaian yang dikategorikan dalam penilaian karya tulis.
u.      Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
v.      Ketentuan yang belum tercantum di atas akan diatur dikemudian hari.

Dapat mengunduh buku pedoman di Buku Pedoman LKTIN PPI UNY 2016 
Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut silahkan  kunjungi :http://penapemudaindo.blogspot.co.id/

No comments:

Post a Comment